Pengaduan Masuk

05 Juli 2021

USUL / SARAN MASYARAKAT

Pelayanan vaksinasi di Puskesmas Kepanjenkidul (Tanggung) terbilang lambat. Saya melihat adanya 2 kali antrean dalam layanan tersebut. Yang pertama antrean untuk mendapatkan vaksinasi, yang kedua antre kembali untuk mendapatkan kartu vaksinasi. Saya menilai bahwa pada saat antrean kedua yaitu pencetakan kartu vaksinasi sangat lamban. Untuk itu, saran saya lebih mengedepankan keefektifan dan keefisiensi dalam layanan tersebut dengan cara menggunakan tenaga ketik yang berkompeten dalam hal penginputan data masayarakat yang telah divaksin.


tanggapan :

13 Juli 2021

Salam sehat, Sebelumnya kami mengucapkan terima kasih atas saran yang disampaikan oleh saudara M. Afifudin.
yang perlu kami sampaikan adalah:
Kegiatan vaksinasi Covid19 melalui beberapa tahap
Meja 1 = skrining dan vaksinasi
a. Validasi data peserta calon penerima vaksin
b. Pemeriksaan kesehatan (skrining kesehatan)
c. Vaksinasi
Meja 2 = registrasi dan observasi
a. Verifikasi data penerima vaksin dlm aplikasi
b. Input hasil skrining dan vaksinasi dlm aplikasi
c. Observasi 15 mnt/org
d. Cetak kartu vaksinasi
Ini semua hrs dilalui oleh setiap penerima vaksin.
pada saat sebelum aturan diubah Vaksinasi menggunakan empat meja, sehingga mungkin lebih cepat, tapi sekarang secara aplikasi menggunakan 2 meja, kadang kecepatan akses aplikasi ke BPJS menemui gangguan sehingga menjadi lamban. demikian yang dapat kami sampaikan semoga bisa menjadi pencerahan anggota masyarakat yang membutuhkan,
wassalam.


DINAS KESEHATAN